Nonton iklan bentar ya...!!!

Wednesday 30 August 2017

cerita pengemudi truk


Tahukah kamu apa yang sebenarnya dipikirkan pengemudi truk?
Tahukah kamu mana saja titik-titik buta pengemudi truk?
Tahukan kamu berapa waktu yang dibutuhkan untuk menaikkan kecepatan dari 0 sampai 80km/h?
Tahukah kamu bahwa truk susah untuk menge-rem, bukan karena mereka tidak mau menginjak rem?
1 Sebenarnya titik pandang saat mengemudi truk jauh lebih luas dari pada mengemudi mobil biasa, namun kesulitannya adalah saat mundur ataupun jalan berliku. Dan masih ada lagi, yaitu rem truk tidak terlalu pakem, ini agak berbahaya, kami paling takut dengan mobil kecil. Saat 8 roda di belakang ku penuh dengan muatan, butuh 2-3km untuk menaikkan kecepatan dari 0 ke 80km/h. Dan butuh sekitar 500 meter untuk menurunkan kecepatan dari 80 ke 0.

2 Saya berprofesi sebagai pengemudi truk, saya tidak tahu apakan kalian pernah melakukan hal ini: mungkin saja pada saat truk menyalib atau alasan yang tidak bisa dihindari lainnya, mempengaruhi mobil kecil didekatnya, pada saat seperti ini biasa akan ada mobil yang tiba-tiba melaju cepat ke depan truk seperti menantang, bahkan sengaja mengerem mendadak. Menurut pengalaman saya selama bertahun-tahun, ini seperti cari mati! Benar-benar perbuatan yang bodoh! Mengapa? Saat mobil menge-rem mendadak, truk belum tentu dapat menge-rem mendadak juga, dan habislah nyawa seisi mobil didepan. Meskipun jika truk langsung mengambil arah lain, namun bisa saja kehilangan kontrol dan akhirnya terbalik, bukankah ini akan membahayan nyawa Anda juga?

3  Saya dulu sering mengemudi truk besar di jalan tol, banyak sekali mobil-mobil yang bermain api dan sengaja menantang. Saat hampir sampai di gerbang tol, kami truk-truk besar akan pelan-pelan masuk, namun ada saja mobil-mobil gila yang menyalib ke depan kami, mereka tampaknya ingin mengakhiri hidup mereka, apakah kamu benar-benar kepepet sampai seperti ini? Truk biasa akan mengemudi dalam kecepatan tinggi, dan terbiasa melihat spion sebelah kanan, jarang melihat spion kiri, kecuali saat ingin menyalib. Demi keamanan bersama, jangan sekali-kali menantang truk!

4 Kalian selalu mengatakan truk besar sangat berbahaya, bagi kami pengemudi truk, mobil kecil juga sama membahayakannya, saat jarak terlalu dekat, takut rem kurang pakem, saat jarak terlalu jauh, mobil biasa akan melaju cepat. Menyetir terkadang sangatlah berbahaya, semakin kesini, saya semakin takut dan kahawatir. Jaga lah jarak yang cukup jauh dengan truk, jika terjadi sesuatu, siapa yang akan bertanggung jawab? Pertama, kalian pasti yang akan terluka parah! Jika truk rem mendadak, biasa kepala truk akan mudah terputus dengan badannya, dan bisa terbalik, dan satu lagi: yang mengemudi truk biasa adalah orang-orang yang sudah capek dan kelelahan!

Ini adalah pelajaran bagus untuk kita semua, pengalaman-pengalaman pengemudi truk ini membuat kita mengerti untuk saling menghormati, jagalah keselamatan.



Sebenarnya, tidak sedikit jumlah mobil yang suka menantang truk. Supir truk sekali menyetir, harus pergi hingga ratusan kilometer, hanya demi menghidupi keluarganya, sangat lelah dan tidak mudah. Dan saat terjadi sesuatu dengan mobil kecil, maka akan menghabiskan waktu mereka lagi, bagi mereka, ini mengurangi pendapatan mereka. Dan banyak juga pengemudi truk yang menggantungkan hidup sekeluarganya dengan truk ini.

Jadi, sebagai pengemudi mobil, ingatlah untuk jangan bermain-main diantara truk, dan jangan menyalib truk secara brutal, bahkan menantangnya.

bahaya melintasi portal kereta api

Hati-hati bila menerobos palang pintu kereta Api

Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel KA

Penjelasan teknis :

Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif.

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA. Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.

Bila hal ini terjadi segera keluar dr mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.

Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 meter setelah di rem.