Nonton iklan bentar ya...!!!

Tuesday 25 April 2017

Masih Ada Bom di Laut Tawar aceh takengon

Pemerintah kabupaten Aceh Tengah berencana mengangkat bom sisa peninggalan perang dunia (PD) II yang dibuang tentara Jepang, di danau Laut Tawar, tepatnya di kawasan One-one, Takengon.
Bom yang berada di kedalaman sekitar 18 meter dari permukaan danau itu memiliki panjang 2,30 meter dan diameter 1,20 meter serta berat 1,5 ton. Benda itu ditemukan oleh anggota tim Persatuan olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), saat melakukan latihan di danau itu, pada tahun 2006 silam.
Anggota POSSI, Cabang Aceh Tengah, Adi, menyebutkan selain bom raksasa itu, juga terdapat 400 butir peluru, granat dan magazen. Geranat dan sejumlah amunisi lainnya seperti mortir masih terdapat di sekitar bom belum bisa diangkat, karena melingkar pada bagian badan bom.
“Kalau peluru dan megazen sudah kita angkat dan diserahkan ke Polres Aceh Tengah,” jelas Adi, Selasa, (5/5).
Menurutnya bom raksasa itu sangat sulit diteliti. Sebab saat dilakukan penyelaman, tim tidak menemukan tulisan-tulisan di badan bom karena telah ditutupi lumut dan karat tebal.
Tim Possi yang bekerjasama dengan jajaran Polres Aceh Tengah, Kodim 0106 setempat pernah mencoba untuk mengangkat bom tersebut dengan mempergunakan dua unit kapal. Namun upaya tersebut sia-sia, karena kekurangan peralatan.

No comments: