✐ Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya seperti
tanduk besar) yang memekakkan
telinga, seluruh makhluk mati kecuali
Izrail & beberapa malaikat yang lain.
Selepas itu, Izrail pun mencabut
nyawa malaikat yang tinggal dan akhirnya nyawanya sendiri. ✐ Selepas semua makhluk mati, Tuhan pun berfirman mafhumnya
“Kepunyaan siapakah kerajaan hari ini?” Tiada siapa yang menjawab. Lalu Dia sendiri menjawab dengan
keagunganNya “Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.” Ini menunjukkan kebesaran &
keagunganNya sebagai Tuhan yg
Maha Kuasa lagi Maha Kekal Hidup,
tidak mati. ✐ Selepas 40 tahun, Malaikat Israfil a.s. dihidupkan, seterusnya meniup
sangkakala untuk kali ke-2, lantas
seluruh makhluk hidup semula di atas
bumi putih, berupa padang Mahsyar
(umpama padang Arafah) yang rata
tidak berbukit atau bulat seperti bumi. ✐ Sekelian manusia hidup melalui benih anak Adam yg disebut “Ajbuz Zanbi” yang berada di hujung tulang belakang mereka. Hiduplah manusia
umpama anak pokok yang kembang
membesar dari biji benih. ✐ Semua manusia dan jin dibangkitkan dalam keadaan telanjang dan hina.
Mereka tidak rasa malu kerana pada
ketika itu hati mereka sangat takut
dan bimbang tentang nasib & masa
depan yang akan mereka hadapi
kelak. ✐ Lalu datanglah api yang berterbangan dengan bunyi seperti
guruh yang menghalau manusia, jin
dan binatang ke tempat perhimpunan
besar. Bergeraklah mereka
menggunakan tunggangan (bagi
yang banyak amal), berjalan kaki (bagi yang kurang amalan) dan
berjalan dengan muka (bagi yang
banyak dosa). Ketika itu, ibu akan
lupakan anak, suami akan lupakan
isteri, setiap manusia sibuk
memikirkan nasib mereka. ✐ Setelah semua makhluk dikumpulkan, matahari dan bulan
dihapuskan cahayanya, lalu mereka
tinggal dalam kegelapan tanpa
cahaya. Berlakulah huru-hara yang
amat dahsyat. ✐ Tiba-tiba langit yang tebal pecah dengan bunyi yang dahsyat, lalu
turunlah malaikat sambil bertasbih
kepada Allah SWT. Seluruh makhluk
terkejut melihat saiz malaikat yang
besar dan suaranya yang
menakutkan. ✐ Kemudian matahari muncul semula dengan kepanasan yang berganda.
Hingga dirasakan seakan-akan
matahari berada sejengkal dari atas
kepala mereka. Ulama berkata jika
matahari naik di bumi seperti
keadaannya naik dihari Kiamat nescaya seluruh bumi terbakar, bukit-
bukau hancur dan sungai menjadi
kering. Lalu mereka rasai kepanasan
dan bermandikan peluh sehingga
peluh mereka menjadi lautan. Timbul
atau tenggelam mereka bergantung pada amalan masing-masing. Keadaan
mereka berlanjutan sehingga 1000
tahun. ✐ Terdapat satu telaga kepunyaan Nabi Muhammad SAW bernama Al-
Kausar yang mengandungi air yang
hanya dapat diminum oleh orang
mukmin sahaja. Orang bukan mukmin
akan dihalau oleh malaikat yang
menjaganya. Jika diminum airnya tidak akan haus selama-lamanya.
Kolam ini berbentuk segi empat tepat
sebesar satu bulan perjalanan. Bau air
kolam ini lebih harum dari kasturi,
warnanya lebih putih dari susu dan
rasanya lebih sejuk dari embun. Ia mempunyai saluran yang mengalir
dari syurga. ✐ Semua makhluk berada bawah cahaya matahari yang terik kecuali
7 golongan yang mendapat
teduhan dari Arasy. Mereka ialah: ⅰ- Pemimpin yang adil. ⅱ- Orang muda yang taat kepada perintah Allah. ⅲ- Lelaki yang terikat hatinya dengan masjid. ⅳ- Dua orang yang bertemu kerana Allah dan berpisah kerana Allah. ⅴ- Lelaki yang diajak oleh wanita berzina, tetapi dia menolak dengan
berkata “Aku takut pada Allah ”. ⅵ- Lelaki yg bersedekah dengan bersembunyi (tidak diketahui orang
ramai). ⅶ- Lelaki yang suka bersendirian mengingati Allah lalu mengalir air
matanya kerana takutkan Allah. ✐ Oleh kerana tersangat lama menunggu di padang mahsyar, semua
manusia tidak tahu berbuat apa
melainkan mereka yang beriman,
kemudian mereka terdengar suara
“pergilah berjumpa dengan para Nabi”. Maka mereka pun pergi mencari para Nabi. Pertama sekali kumpulan
manusia ini berjumpa dengan Nabi
Adam tetapi usaha mereka gagal
kerana Nabi Adam a.s menyatakan
beliau juga ada melakukan kesalahan
dengan Allah SWT. Maka kumpulan besar itu kemudiannya berjumpa Nabi
Nuh a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Musa
a.s., Nabi Isa a.s. (semuanya
memberikan sebab seperti Nabi Adam
a.s.) dan akhirnya mereka berjumpa
Rasullullah SAW. Jarak masa antara satu nabi dengan yang lain adalah
1000 tahun perjalanan. ✐ Lalu berdoalah baginda Nabi Muhammad SAW ke hadrat Allah SWT.
Lalu diperkenankan doa baginda. ✐ Selepas itu, terdengar bunyi pukulan gendang yang kuat hingga
menakutkan hati semua makhluk
kerana mereka sangka azab akan
turun. Lalu terbelah langit, turunlah
arasy Tuhan yang dipikul oleh 8
orang malaikat yang sangat besar (besarnya sejarak perjalanan 20 ribu
tahun) sambil bertasbih dengan suara
yang amat kuat sehingga ‘Arasy itu tiba dibumi. ✐ ‘Arasy ialah jisim nurani yang amat besar berbentuk kubah (bumbung
bulat) yang mempunyai 4 batang
tiang yang sentiasa dipikul oleh 4
orang malaikat yang besar dan gagah.
Dalam bahasa mudah ia seumpama
istana yang mempunyai seribu bilik yang menempatkan jutaan malaikat di
dalamnya. Ia dilingkungi embun yang
menghijab cahayanya yang sangat
kuat. ✐ Kursi iaitu jisim nurani yang terletak di hadapan Arasy yang dipikul oleh 4
orang malaikat yang sangat besar.
Saiz kursi lebih kecil dari ‘Arasy umpama cincin ditengah padang .
Dalam bahasa mudah ia umpama
singgahsana yang terletak dihadapan
istana. ✐ Seluruh makhluk pun menundukkan kepala kerana takut.
Lalu dimulakan timbangan amal.
Ketika itu berterbanganlah kitab
amalan masing-masing turun dari
bawah Arasy menuju ke leher
pemiliknya tanpa silap dan tergantunglah ia sehingga mereka
dipanggil untuk dihisab. Kitab amalan
ini telah ditulis oleh malaikat
Hafazhah / Raqib & ‘Atid / Kiraman Katibin. ✐ Manusia beratur dalam saf mengikut Nabi dan pemimpin masing- masing.
Orang kafir & munafik beratur
bersama pemimpin mereka yang
zalim. Setiap pengikut ada tanda
mereka tersendiri untuk dibezakan. ✐ Umat yang pertama kali dihisab adalah umat Nabi Muhammad SAW,
dan amalan yang pertama kali dihisab
adalah solat. Sedangkan hukum yang
pertama kali diputuskan adalah
perkara pertumpahan darah. ✐ Apabila tiba giliran seseorang hendak dihisab amalannya, malaikat
akan mencabut kitab mereka lalu
diserahkan, lalu pemiliknya
mengambil dengan tangan kanan
bagi orang mukmin dan dengan
tangan kiri jika orang bukan mukmin. ✐ Semua makhluk akan dihisab amalan mereka menggunakan satu
Neraca Timbangan. Saiznya amat
besar, mempunyai satu tiang yang
mempunyai lidah dan 2 daun. Daun
yang bercahaya untuk menimbang
pahala dan yang gelap untuk menimbang dosa. ✐ Perkara pertama yang diminta ialah Islam. Jika dia bukan Islam, maka
seluruh amalan baiknya tidak
ditimbang bahkan amalan buruk tetap
akan ditimbang. ✐ Ketika dihisab, mulut manusia akan dipateri, tangan akan berkata- kata,
kaki akan menjadi saksi. Tiada dolak-
dalih dan hujah tipuan. Semua akan di
adili oleh Allah Ta’ala dengan Maha Bijaksana. ✐ Setelah amalan ditimbang, mahkamah Mahsyar dibuka kepada
orang ramai untuk menuntut hak
masing-masing dari makhluk yang
sedang dibicara sehinggalah seluruh
makhluk berpuas hati dan
dibenarkannya menyeberangi titian sirat. ✐ Syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat : ⅰ- Meringankan penderitaan makhluk di Padang Mahsyar dengan
mempercepatkan hisab. ⅱ- Memasukkan manusia ke dalam syurga tanpa hisab. ⅲ- Mengeluarkan manusia yang mempunyai iman sebesar zarah dari
neraka. (Semua syafaat ini tertakluk kepada
keizinan Allah SWT.) ✐ Para nabi dan rasul serta golongan khawas juga diberikan izin oleh
Tuhan untuk memberi syafaat kepada
para pengikut mereka. Mereka ini
berjumlah 70 000. Setiap seorang dari
mereka akan mensyafaatkan 70 000
orang yang lain. ✐ Setelah berjaya dihisab, manusia akan mula berjalan menuju syurga
melintasi jambatan sirat. Siratul
Mustaqim ialah jambatan (titian) yang
terbentang dibawahnya neraka. Lebar
jambatan ini adalah seperti sehelai
rambut yang dibelah tujuh dan ia lebih tajam dari mata pedang. Bagi orang
mukmin ia akan dilebarkan dan
dimudahkan menyeberanginya. ✐ Fudhail bin Iyadh berkata perjalanan di Sirat memakan masa 15000 tahun.
5000 tahun menaik, 5000 tahun
mendatar dan 5000 tahun menurun.
Ada makhluk yang melintasinya
seperti kilat, seperti angin,
menunggang binatang korban dan berjalan kaki. Ada yang tidak dapat
melepasinya disebabkan api neraka
sentiasa menarik kaki mereka, lalu
mereka jatuh ke dalamnya. ✐ Para malaikat berdiri di kanan dan kiri sirat mengawasi setiap makhluk
yang lalu. Setiap 1000 orang yang
meniti sirat, hanya seorang sahaja
yang Berjaya melepasinya. 999 orang
akan terjatuh ke dalam neraka. Rujukan: Kitab Aqidatun Najin
karangan Syeikh Zainal Abidin
Muhammad Al- Fathani. Pustaka
Nasional Singapura 2004
“Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS at-Taubah /9: 105).
Saturday, 25 June 2011
Friday, 24 June 2011
Hukum Cadar: Dalil-DalilUlama yang TidakMewajibkan
sampaikan dalil-dalil
para ulama yang mewajibkan
cadar bagi wanita. Sekarang -
insya Allah- akan disampaikan
dalil-dalil para ulama yang tidak
mewajibkannya. Dalil-Dalil yang Tidak
Mewajibkan Inilah secara ringkas dalil-dalil
para ulama yang tidak
mewajibkan cadar bagi wanita. Pertama, firman Allah subhanahu wa ta’ala, ﺎَﻬْﻨِﻣ َﺮَﻬَﻇ ﺎَﻣ َّﻻِﺇ َّﻦُﻬَﺘَﻨﻳِﺯ َﻦﻳِﺪْﺒُﻳ َﻻَﻭ “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan
mereka kecuali yang (biasa)
nampak dari mereka.” (QS. An Nuur: 31) Tentang perhiasan yang biasa
nampak ini, Ibnu Abbas berkata,
“Wajah dan telapak tangan.” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah dan Isma’il Al Qadhi. Dishahihkan oleh Syaikh Al
Albani dalam Jilbab Al Mar ’ah Al Muslimah, hal. 59-60, Penerbit Al
Maktabah Al Islamiyyah, Cet. I.
Tetapi berbagai riwayat dari Ibnu
Abbas tentang penafsiran ini
dilemahkan oleh Syeikh
Mushthafa Al Adawi dalam kitabnya Jami’ Ahkamin Nisa. Tentang hal ini terdapat riwayat-
riwayat shahih dari perkataan
sebagian tabi’in. Wallahu a’lam). Perkataan serupa juga
diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah dari Ibnu Umar. (Riwayat
ini dishahihkan oleh Syeikh Al
Albani dalam Jilbab Al Mar ’ah Al Muslimah, hal. 59-60).
Berdasarkan penafsiran kedua
sahabat ini jelas bahwa wajah
dan telapak tangan wanita boleh
kelihatan, sehingga bukan
merupakan aurat yang wajib ditutup. Kedua, firman Allah, َّﻦِﻬِﺑﻮُﻴُﺟ ﻰَﻠَﻋ َّﻦِﻫِﺮُﻤُﺨِﺑ َﻦْﺑِﺮْﻀَﻴْﻟَﻭ “Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke
dada (dan leher) mereka.” (QS. An Nur: 31) Ibnu Hazm rahimahullah berkata,
“Allah ta’ala memerintahkan para wanita menutupkan khimar
(kerudung) pada belahan-
belahan baju (dada dan
lehernya), maka ini merupakan
nash menutupi aurat, leher dan
dada. Dalam firman Allah ini juga terdapat nash bolehnya
membuka wajah, tidak mungkin
selain itu.” (Al Muhalla III/216-217, Lihat Jilbab Al
Mar’ah Al Muslimah, hal. 73). Karena memang makna khimar
(kerudung) adalah penutup
kepala. Demikian diterangkan
oleh para ulama, seperti tersebut
dalam An Nihayah karya Imam
Ibnul Atsir, Tafsir Al Qur ’an Al ‘Azhim karya Al Hafizh Ibnu Katsir, Tafsir Fathu Al Qadir karya
Asy Syaukani, dan lainnya. (Lihat
Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 72-73). Ketiga, firman Allah subhanahu wa ta’ala, ْﻢِﻫِﺭﺎَﺼْﺑَﺃ ْﻦِﻣ ﺍﻮُّﻀُﻐَﻳ َﻦﻴِﻨِﻣْﺆُﻤْﻠِّﻟ ْﻞُﻗ َّﻥِﺇ ْﻢُﻬَﻟ ﻰَﻛْﺯَﺃ َﻚِﻟَﺫ ْﻢُﻬَﺟﻭُﺮُﻓ ﺍﻮُﻈَﻔْﺤَﻳَﻭ َﻥﻮُﻌَﻨْﺼَﻳﺎَﻤِﺑ ٌﺮﻴِﺒَﺧ َﻪﻠﻟﺍ } 30 { ﻞُﻗَﻭ َّﻦِﻫِﺭﺎَﺼْﺑَﺃ ْﻦِﻣ َﻦْﻀُﻀْﻐَﻳ ِﺕﺎَﻨِﻣْﺆُﻤْﻠِّﻟ َّﻦُﻬَﺟﻭُﺮُﻓ َﻦْﻈَﻔْﺤَﻳَﻭ “Katakanlah kepada orang laki- laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan
pandangannya, dan memelihara
kemaluannya; yang demikian itu
adalah lebih suci bagi mereka,
sesungguhnya Allah Maha
Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada
wanita yang beriman:
“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan
kemaluannya, dan janganlah
mereka menampakkan
perhiasannya, kecuali yang
(biasa) nampak dari
padanya.” (QS. An Nur: 30,31) Ayat ini menunjukkan bahwa
pada diri wanita ada sesuatu
yang terbuka dan mungkin
untuk dilihat. Sehingga Allah
memerintahkan untuk menahan
pandangan dari wanita. Dan yang biasa nampak itu yaitu
wajah dan kedua telapak tangan.
(Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 76,77). Semakna
dengan ayat tersebut ialah
hadits-hadits yang
memerintahkan menahan
pandangan dari wanita dan
larangan mengulangi pandangan jika telah terlanjur
memandang dengan tidak
sengaja. Di antaranya, ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ َّﻥَﺃ ِّﻱِﺭْﺪُﺨْﻟﺍ ٍﺪﻴِﻌَﺳ ﻲِﺑَﺃ ْﻦَﻋ ﺍﻮُﻟﺎَﻗ ِﺕﺎَﻗُﺮُّﻄﻟﺎِﺑ َﺱﻮُﻠُﺠْﻟﺍَﻭ ْﻢُﻛﺎَّﻳِﺇ َﻝﺎَﻗ ﺎَﻨِﺴِﻟﺎَﺠَﻣ ْﻦِﻣ ﺎَﻨَﻟ َّﺪُﺑ ﺎَﻣ ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻳ ْﻢُﺘْﻴَﺑَﺃ ْﻥِﺇ ِﻪﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﻝﺎَﻘَﻓ ﺎَﻬﻴِﻓ ُﺙَّﺪَﺤَﺘَﻧ ُّﻖَﺣ ﺎَﻣَﻭ ﺍﻮُﻟﺎَﻗ ُﻪَّﻘَﺣ َﻖﻳِﺮَّﻄﻟﺍ ﺍﻮُﻄْﻋَﺄَﻓ ِﺮَﺼَﺒْﻟﺍ ُّﺾَﻏ َﻝﺎَﻗ ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻳ ِﻖﻳِﺮَّﻄﻟﺍ ُﺮْﻣَﻷْﺍَﻭ ِﻡَﻼَّﺴﻟﺍ ُّﺩَﺭَﻭ ﻯَﺫَﻷﺍ ُّﻒَﻛَﻭ ِﺮَﻜْﻨُﻤْﻟﺍ ِﻦَﻋ ُﻲْﻬَّﻨﻟﺍَﻭ ِﻑﻭُﺮْﻌَﻤْﻟﺎِﺑ Dari Abu Said Al Khudri
radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Janganlah kamu duduk-duduk di jalan ”. Maka para Sahabat berkata,
“Kami tidak dapat meninggalkannya, karena
merupakan tempat kami untuk
bercakap-cakap.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Jika kalian enggan (meninggalkan bermajelis di
jalan), maka berilah hak jalan.” Sahabat bertanya, “Apakah hak jalan itu?” Beliau menjawab, “Menundukkan pandangan, menghilangkan gangguan,
menjawab salam,
memerintahkan kebaikan dan
mencegah kemungkaran.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad no.
1150, Muslim, Abu Dawud
(4816). Lihat Silsilah Al Ahadits
Ash Shahihah 6/11-13) Juga sabda Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam kepada Ali radhiallahu ‘anhu, َﻚَﻟ َّﻥِﺈَﻓ َﺓَﺮْﻈَّﻨﻟﺍ َﺓَﺮْﻈَّﻨﻟﺍ ِﻊِﺒْﺘُﺗ ﺎَﻟ ُّﻲِﻠَﻋ ﺎَﻳ ُﺓَﺮِﺧﺂْﻟﺍ َﻚَﻟ ْﺖَﺴْﻴَﻟَﻭ ﻰَﻟﻭُﺄْﻟﺍ “Wahai Ali, janganlah engkau turutkan pandangan (pertama)
dengan pandangan (kedua),
karena engkau berhak (yakni,
tidak berdosa) pada pandangan
(pertama), tetapi tidak berhak
pada pandangan (kedua).” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan
lainnya. Dihasankan oleh Syaikh
Al Albani dalam Jilbab Al Mar ’ah Al Muslimah, hal. 77) Jarir bin Abdullah berkata, َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ُﺖْﻟَﺄَﺳ َﻙَﺮَﺼَﺑ ْﻑِﺮْﺻﺍ َﻝﺎَﻘَﻓ ِﺓَﺄْﺠَﻔْﻟﺍ ِﺓَﺮْﻈَﻧ ْﻦَﻋ Aku bertanya kepada Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan tiba-tiba
(tidak sengaja), maka beliau
bersabda, “Palingkan pandanganmu.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan lainnya.
Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 78) Al Qadhi ‘Iyadh berkata, “Para ulama berkata, di sini terdapat
hujjah (argumen) bahwa wanita
tidak wajib menutupi wajahnya
di jalan, tetapi hal itu adalah
sunah yang disukai. Dan yang
wajib bagi laki-laki ialah menahan pandangan dari wanita
dalam segala keadaan, kecuali
untuk tujuan yang syar’i (dibenarkan agama). Hal itu
disebutkan oleh Muhyiddin An
Nawawi, dan beliau tidak
menambahinya.” (Adab Asy Syar’iyyah I/187, karya Ibnu Muflih. Lihat: Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 77). Keempat, Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, dia berkata, ﻰَﻠَﻋ ْﺖَﻠَﺧَﺩ ٍﺮْﻜَﺑ ﻲِﺑَﺃ َﺖْﻨِﺑ َﺀﺎَﻤْﺳَﺃ َّﻥَﺃ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ِﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻬْﻨَﻋ َﺽَﺮْﻋَﺄَﻓ ٌﻕﺎَﻗِﺭ ٌﺏﺎَﻴِﺛ ﺎَﻬْﻴَﻠَﻋَﻭ َﻝﺎَﻗَﻭ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﺾﻴِﺤَﻤْﻟﺍ ِﺖَﻐَﻠَﺑ ﺍَﺫِﺇ َﺓَﺃْﺮَﻤْﻟﺍ َّﻥِﺇ ُﺀﺎَﻤْﺳَﺃ ﺎَﻳ ﺍَﺬَﻫَﻭ ﺍَﺬَﻫ ﺎَّﻟِﺇ ﺎَﻬْﻨِﻣ ﻯَﺮُﻳ ْﻥَﺃ ْﺢُﻠْﺼَﺗ ْﻢَﻟ ﺩُﻭﺍَﺩ ﻮُﺑَﺃ َﻝﺎَﻗ ِﻪْﻴَّﻔَﻛَﻭ ِﻪِﻬْﺟَﻭ ﻰَﻟِﺇ َﺭﺎَﺷَﺃَﻭ ْﻙِﺭْﺪُﻳ ْﻢَﻟ ٍﻚْﻳَﺭُﺩ ُﻦْﺑ ُﺪِﻟﺎَﺧ ٌﻞَﺳْﺮُﻣ ﺍَﺬَﻫ ﺎَﻬْﻨَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻲِﺿَﺭ َﺔَﺸِﺋﺎَﻋ Bahwa Asma’ bintu Abi Bakar menemui Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam dengan memakai pakaian tipis. Maka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpaling darinya dan
berkata, “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita
itu, jika telah mendapatkan
haidh, tidak pantas terlihat dari
dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua
telapak tangannya. (HR. Abu
Dawud, Thabarani, Ibnu ‘Adi, dari jalan Sa’id bin Basyir dari Qatadah dari Khalid bin Duraik dari
‘Aisyah. Ibnu ‘Adi berkata, “Terkadang Khalid mengatakan dari Ummu Salamah, sebagai
ganti dari ‘Aisyah.” Sanad hadits ini lemah, sebagaimana Abu
Dawud berkata setelah
meriwayatkannya, “Hadits ini mursal, Khalid bin Duraik tidak
bertemu ‘Aisyah radhiallahu ‘anha. Demikian juga perawi bernama Sa’id bin Basyir lemah.”) Hadits ini sesungguhnya lemah,
tetapi Syaikh Al Albani
menyatakan bahwa hadits ini
dikuatkan dengan beberapa
penguat (Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 58). (1) Riwayat mursal shahih dari
Qatadah dari Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda. “Jika seorang gadis kecil telah haidh,
maka tidak pantas terlihat
sesuatu darinya kecuali
wajahnya dan tangannya sampai
pergelangan.” (Tetapi kemungkinan riwayat ini sama
sanadnya dengan riwayat di atas,
yaitu Qatadah mendapatkan
hadits ini dari Khalid bin Duraik,
sehingga tidak dapat
menguatkan. Wallahu a’lam). (2) Diriwayatkan oleh Thabrani
dan Al Baihaqi dari jalan Ibnu
Luhai’ah, dari ‘Iyadh bin Abdullah, bahwa dia mendengar
Ibrahim bin ‘Ubaid bin Rifa’ah Al Anshari menceritakan dari
bapaknya, aku menyangka dari
Asma’ binti ‘Umais yang berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui ‘Aisyah, dan di dekat ‘Aisyah ada saudarinya, yaitu Asma bintu Abi
Bakar. Asma memakai pakaian
buatan Syam yang longgar
lengan bajunya. Ketika
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya, beliau bangkit
lalu keluar. Maka ‘Aisyah berkata kepada Asma, “Menyingkirlah engkau, sesungguhnya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melihat perkara yang
tidak beliau sukai. Maka Asma
menyingkir. Kemudian Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk, lalu Aisyah bertanya
kenapa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit (dan keluar).
Maka beliau menjawab,
“Tidakkah engkau melihat keadaan Asma, sesungguhnya
seorang wanita muslimah itu
tidak boleh tampak darinya
kecuali ini dan ini”, lalu beliau memegangi kedua lengan
bajunya dan menutupkan pada
kedua telapak tangannya,
sehingga yang nampak hanyalah
jari-jarinya, kemudian
meletakkan kedua telapak tangannya pada kedua
pelipisnya sehingga yang
nampak hanyalah wajahnya.” Al-Baihaqi menyatakan,
“Sanadnya dha’if.” Kelemahan hadits ini karena perawi yang
bernama Ibnu Luhai’ah sering keliru setelah menceritakan
dengan hafalannya, yang
sebelumnya dia seorang yang
utama dan terpercaya ketika
menceritakan dengan bukunya.
Syaikh Al Albani menyatakan bahwa haditsnya ini dapat
dijadikan penguat. (Lihat Jilbab
Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 59). (3) Pendapat sebagian sahabat
(seperti Ibnu Abbas dan Ibnu
Umar) yang menjelaskan
perhiasan yang biasa nampak
yang boleh tidak ditutup, yaitu
wajah dan telapak tangan. Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 59). Kelima, Jabir bin Abdillah berkata, ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ِﻝﻮُﺳَﺭ َﻊَﻣ ُﺕْﺪِﻬَﺷ ِﺓﺎَﻠَّﺼﻟﺎِﺑ َﺃَﺪَﺒَﻓ ِﺪﻴِﻌْﻟﺍ َﻡْﻮَﻳ َﺓﺎَﻠَّﺼﻟﺍ َﻢَّﻠَﺳَﻭ َّﻢُﺛ ٍﺔَﻣﺎَﻗِﺇ ﺎَﻟَﻭ ٍﻥﺍَﺫَﺃ ِﺮْﻴَﻐِﺑ ِﺔَﺒْﻄُﺨْﻟﺍ َﻞْﺒَﻗ ِﻪَّﻠﻟﺍ ﻯَﻮْﻘَﺘِﺑ َﺮَﻣَﺄَﻓ ٍﻝﺎَﻠِﺑ ﻰَﻠَﻋ ﺎًﺌِّﻛَﻮَﺘُﻣ َﻡﺎَﻗ َﺱﺎَّﻨﻟﺍ َﻆَﻋَﻭَﻭ ِﻪِﺘَﻋﺎَﻃ ﻰَﻠَﻋ َّﺚَﺣَﻭ َﺀﺎَﺴِّﻨﻟﺍ ﻰَﺗَﺃ ﻰَّﺘَﺣ ﻰَﻀَﻣ َّﻢُﺛ ْﻢُﻫَﺮَّﻛَﺫَﻭ َّﻥِﺈَﻓ َﻦْﻗَّﺪَﺼَﺗ َﻝﺎَﻘَﻓ َّﻦُﻫَﺮَّﻛَﺫَﻭ َّﻦُﻬَﻈَﻋَﻮَﻓ ْﻦِﻣ ٌﺓَﺃَﺮْﻣﺍ ِﺖَﻣﺎَﻘَﻓ َﻢَّﻨَﻬَﺟ ُﺐَﻄَﺣ َّﻦُﻛَﺮَﺜْﻛَﺃ ْﺖَﻟﺎَﻘَﻓ ِﻦْﻳَّﺪَﺨْﻟﺍ ُﺀﺎَﻌْﻔَﺳ ِﺀﺎَﺴِّﻨﻟﺍ ِﺔَﻄِﺳ َﻥْﺮِﺜْﻜُﺗ َّﻦُﻜَّﻧَﺄِﻟ َﻝﺎَﻗ ِﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻳ َﻢِﻟ َﻦْﻠَﻌَﺠَﻓ َﻝﺎَﻗ َﺮﻴِﺸَﻌْﻟﺍ َﻥْﺮُﻔْﻜَﺗَﻭ َﺓﺎَﻜَّﺸﻟﺍ ِﺏْﻮَﺛ ﻲِﻓ َﻦﻴِﻘْﻠُﻳ َّﻦِﻬِّﻴِﻠُﺣ ْﻦِﻣ َﻦْﻗَّﺪَﺼَﺘَﻳ َّﻦِﻬِﻤِﺗﺍَﻮَﺧَﻭ َّﻦِﻬِﺘَﻃِﺮْﻗَﺃ ْﻦِﻣ ٍﻝﺎَﻠِﺑ Aku menghadiri shalat hari ‘ied bersama Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam. Beliau memulai dengan shalat sebelum khutbah,
dengan tanpa azan dan tanpa
iqamat. Kemudian beliau
bersandar pada Bilal,
memerintahkan untuk bertakwa
kepada Allah dan mendorong untuk menaati-Nya. Beliau
menasihati dan mengingatkan
orang banyak. Kemudian beliau
berlalu sampai mendatangi para
wanita, lalu beliau menasihati
dan mengingatkan mereka. Beliau bersabda, “Hendaklah kamu bersedekah, karena
mayoritas kamu adalah bahan
bakar neraka Jahannam!” Maka berdirilah seorang wanita dari
tengah-tengah mereka, yang
pipinya merah kehitam-hitaman,
lalu bertanya, “Kenapa wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Karena kamu banyak mengeluh dan mengingkari (kebaikan)
suami.” Maka para wanita itu mulai bersedekah dengan
perhiasan mereka, yang berupa
giwang dan cincin, mereka
melemparkan pada kain Bilal.
(HSR Muslim, dan lainnya) Hadits ini jelas menunjukkan
wajah wanita bukan aurat, yakni
bolehnya wanita membuka
wajah. Sebab jika tidak, pastilah
Jabir tidak dapat menyebutkan
bahwa wanita itu pipinya merah kehitam-hitaman. (Lihat Jilbab Al
Mar’ah Al Muslimah, hal. 59) (Tetapi dalil ini dibantah dengan
penjelasan bahwa hadits ini yang
mahfudz (shahih) dengan lafazh
min safilatin nisa’ (dari wanita- wanita rendah) sebagai ganti
lafazh sithatin nisa’ (dari wanita dari tengah-tengah). Yang hal itu
mengisyaratkan wanita tersebut
adalah budak, sedangkan budak
tidak wajib menutupi wajah. Atau
kejadian ini sebelum turunnya
ayat hijab. Wallahu a’lam). Keenam, Ibnu Abbas berkata, َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﻑَﺩْﺭَﺃ ٍﺱﺎَّﺒَﻋ َﻦْﺑ َﻞْﻀَﻔْﻟﺍ … ﻰَّﻠَﺻ ُّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ َﻒَﻗَﻮَﻓ ِﺖَﻠَﺒْﻗَﺃَﻭ ْﻢِﻬﻴِﺘْﻔُﻳ ِﺱﺎَّﻨﻠِﻟ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻲِﺘْﻔَﺘْﺴَﺗ ٌﺔَﺌﻴِﺿَﻭ َﻢَﻌْﺜَﺧ ْﻦِﻣ ٌﺓَﺃَﺮْﻣﺍ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ُﻪَﺒَﺠْﻋَﺃَﻭ ﺎَﻬْﻴَﻟِﺇ ُﺮُﻈْﻨَﻳ ُﻞْﻀَﻔْﻟﺍ َﻖِﻔَﻄَﻓ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ُّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ َﺖَﻔَﺘْﻟﺎَﻓ ﺎَﻬُﻨْﺴُﺣ ِﻩِﺪَﻴِﺑ َﻒَﻠْﺧَﺄَﻓ ﺎَﻬْﻴَﻟِﺇ ُﺮُﻈْﻨَﻳ ُﻞْﻀَﻔْﻟﺍَﻭ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻦَﻋ ُﻪَﻬْﺟَﻭ َﻝَﺪَﻌَﻓ ِﻞْﻀَﻔْﻟﺍ ِﻦَﻗَﺬِﺑ َﺬَﺧَﺄَﻓ ﺎَﻬْﻴَﻟِﺇ ِﺮَﻈَّﻨﻟﺍ … “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memboncengkan Al Fadhl
bin Abbas… kemudian beliau berhenti untuk memberi fatwa
kepada orang banyak. Datanglah
seorang wanita yang cantik dari
suku Khats’am meminta fatwa kepada Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam. Mulailah Al Fadhl melihat wanita tersebut,
dan kecantikannya
mengagumkannya. Nabi ‘alaihi wa sallam pun berpaling, tetapi
Al Fadhl tetap melihatnya. Maka
nabi ‘alaihi wa sallam memundurkan tangannya dan
memegang dagu Al Fadhl,
kemudian memalingkan wajah Al
Fadhl dari melihatnya…” (HR. Bukhari, Muslim, dan lainnya) Kisah ini juga diriwayatkan oleh
Ali bin Abi Thalib radhiallahu
‘anhu, dan dia menyebutkan bahwa permintaan fatwa itu
terjadi di tempat penyembelihan
kurban, setelah Rasulullah
melemparkan jumrah, lalu dia
menambahkan
para ulama yang mewajibkan
cadar bagi wanita. Sekarang -
insya Allah- akan disampaikan
dalil-dalil para ulama yang tidak
mewajibkannya. Dalil-Dalil yang Tidak
Mewajibkan Inilah secara ringkas dalil-dalil
para ulama yang tidak
mewajibkan cadar bagi wanita. Pertama, firman Allah subhanahu wa ta’ala, ﺎَﻬْﻨِﻣ َﺮَﻬَﻇ ﺎَﻣ َّﻻِﺇ َّﻦُﻬَﺘَﻨﻳِﺯ َﻦﻳِﺪْﺒُﻳ َﻻَﻭ “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan
mereka kecuali yang (biasa)
nampak dari mereka.” (QS. An Nuur: 31) Tentang perhiasan yang biasa
nampak ini, Ibnu Abbas berkata,
“Wajah dan telapak tangan.” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah dan Isma’il Al Qadhi. Dishahihkan oleh Syaikh Al
Albani dalam Jilbab Al Mar ’ah Al Muslimah, hal. 59-60, Penerbit Al
Maktabah Al Islamiyyah, Cet. I.
Tetapi berbagai riwayat dari Ibnu
Abbas tentang penafsiran ini
dilemahkan oleh Syeikh
Mushthafa Al Adawi dalam kitabnya Jami’ Ahkamin Nisa. Tentang hal ini terdapat riwayat-
riwayat shahih dari perkataan
sebagian tabi’in. Wallahu a’lam). Perkataan serupa juga
diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah dari Ibnu Umar. (Riwayat
ini dishahihkan oleh Syeikh Al
Albani dalam Jilbab Al Mar ’ah Al Muslimah, hal. 59-60).
Berdasarkan penafsiran kedua
sahabat ini jelas bahwa wajah
dan telapak tangan wanita boleh
kelihatan, sehingga bukan
merupakan aurat yang wajib ditutup. Kedua, firman Allah, َّﻦِﻬِﺑﻮُﻴُﺟ ﻰَﻠَﻋ َّﻦِﻫِﺮُﻤُﺨِﺑ َﻦْﺑِﺮْﻀَﻴْﻟَﻭ “Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke
dada (dan leher) mereka.” (QS. An Nur: 31) Ibnu Hazm rahimahullah berkata,
“Allah ta’ala memerintahkan para wanita menutupkan khimar
(kerudung) pada belahan-
belahan baju (dada dan
lehernya), maka ini merupakan
nash menutupi aurat, leher dan
dada. Dalam firman Allah ini juga terdapat nash bolehnya
membuka wajah, tidak mungkin
selain itu.” (Al Muhalla III/216-217, Lihat Jilbab Al
Mar’ah Al Muslimah, hal. 73). Karena memang makna khimar
(kerudung) adalah penutup
kepala. Demikian diterangkan
oleh para ulama, seperti tersebut
dalam An Nihayah karya Imam
Ibnul Atsir, Tafsir Al Qur ’an Al ‘Azhim karya Al Hafizh Ibnu Katsir, Tafsir Fathu Al Qadir karya
Asy Syaukani, dan lainnya. (Lihat
Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 72-73). Ketiga, firman Allah subhanahu wa ta’ala, ْﻢِﻫِﺭﺎَﺼْﺑَﺃ ْﻦِﻣ ﺍﻮُّﻀُﻐَﻳ َﻦﻴِﻨِﻣْﺆُﻤْﻠِّﻟ ْﻞُﻗ َّﻥِﺇ ْﻢُﻬَﻟ ﻰَﻛْﺯَﺃ َﻚِﻟَﺫ ْﻢُﻬَﺟﻭُﺮُﻓ ﺍﻮُﻈَﻔْﺤَﻳَﻭ َﻥﻮُﻌَﻨْﺼَﻳﺎَﻤِﺑ ٌﺮﻴِﺒَﺧ َﻪﻠﻟﺍ } 30 { ﻞُﻗَﻭ َّﻦِﻫِﺭﺎَﺼْﺑَﺃ ْﻦِﻣ َﻦْﻀُﻀْﻐَﻳ ِﺕﺎَﻨِﻣْﺆُﻤْﻠِّﻟ َّﻦُﻬَﺟﻭُﺮُﻓ َﻦْﻈَﻔْﺤَﻳَﻭ “Katakanlah kepada orang laki- laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan
pandangannya, dan memelihara
kemaluannya; yang demikian itu
adalah lebih suci bagi mereka,
sesungguhnya Allah Maha
Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada
wanita yang beriman:
“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan
kemaluannya, dan janganlah
mereka menampakkan
perhiasannya, kecuali yang
(biasa) nampak dari
padanya.” (QS. An Nur: 30,31) Ayat ini menunjukkan bahwa
pada diri wanita ada sesuatu
yang terbuka dan mungkin
untuk dilihat. Sehingga Allah
memerintahkan untuk menahan
pandangan dari wanita. Dan yang biasa nampak itu yaitu
wajah dan kedua telapak tangan.
(Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 76,77). Semakna
dengan ayat tersebut ialah
hadits-hadits yang
memerintahkan menahan
pandangan dari wanita dan
larangan mengulangi pandangan jika telah terlanjur
memandang dengan tidak
sengaja. Di antaranya, ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ َّﻥَﺃ ِّﻱِﺭْﺪُﺨْﻟﺍ ٍﺪﻴِﻌَﺳ ﻲِﺑَﺃ ْﻦَﻋ ﺍﻮُﻟﺎَﻗ ِﺕﺎَﻗُﺮُّﻄﻟﺎِﺑ َﺱﻮُﻠُﺠْﻟﺍَﻭ ْﻢُﻛﺎَّﻳِﺇ َﻝﺎَﻗ ﺎَﻨِﺴِﻟﺎَﺠَﻣ ْﻦِﻣ ﺎَﻨَﻟ َّﺪُﺑ ﺎَﻣ ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻳ ْﻢُﺘْﻴَﺑَﺃ ْﻥِﺇ ِﻪﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﻝﺎَﻘَﻓ ﺎَﻬﻴِﻓ ُﺙَّﺪَﺤَﺘَﻧ ُّﻖَﺣ ﺎَﻣَﻭ ﺍﻮُﻟﺎَﻗ ُﻪَّﻘَﺣ َﻖﻳِﺮَّﻄﻟﺍ ﺍﻮُﻄْﻋَﺄَﻓ ِﺮَﺼَﺒْﻟﺍ ُّﺾَﻏ َﻝﺎَﻗ ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻳ ِﻖﻳِﺮَّﻄﻟﺍ ُﺮْﻣَﻷْﺍَﻭ ِﻡَﻼَّﺴﻟﺍ ُّﺩَﺭَﻭ ﻯَﺫَﻷﺍ ُّﻒَﻛَﻭ ِﺮَﻜْﻨُﻤْﻟﺍ ِﻦَﻋ ُﻲْﻬَّﻨﻟﺍَﻭ ِﻑﻭُﺮْﻌَﻤْﻟﺎِﺑ Dari Abu Said Al Khudri
radhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Janganlah kamu duduk-duduk di jalan ”. Maka para Sahabat berkata,
“Kami tidak dapat meninggalkannya, karena
merupakan tempat kami untuk
bercakap-cakap.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Jika kalian enggan (meninggalkan bermajelis di
jalan), maka berilah hak jalan.” Sahabat bertanya, “Apakah hak jalan itu?” Beliau menjawab, “Menundukkan pandangan, menghilangkan gangguan,
menjawab salam,
memerintahkan kebaikan dan
mencegah kemungkaran.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad no.
1150, Muslim, Abu Dawud
(4816). Lihat Silsilah Al Ahadits
Ash Shahihah 6/11-13) Juga sabda Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam kepada Ali radhiallahu ‘anhu, َﻚَﻟ َّﻥِﺈَﻓ َﺓَﺮْﻈَّﻨﻟﺍ َﺓَﺮْﻈَّﻨﻟﺍ ِﻊِﺒْﺘُﺗ ﺎَﻟ ُّﻲِﻠَﻋ ﺎَﻳ ُﺓَﺮِﺧﺂْﻟﺍ َﻚَﻟ ْﺖَﺴْﻴَﻟَﻭ ﻰَﻟﻭُﺄْﻟﺍ “Wahai Ali, janganlah engkau turutkan pandangan (pertama)
dengan pandangan (kedua),
karena engkau berhak (yakni,
tidak berdosa) pada pandangan
(pertama), tetapi tidak berhak
pada pandangan (kedua).” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan
lainnya. Dihasankan oleh Syaikh
Al Albani dalam Jilbab Al Mar ’ah Al Muslimah, hal. 77) Jarir bin Abdullah berkata, َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ُﺖْﻟَﺄَﺳ َﻙَﺮَﺼَﺑ ْﻑِﺮْﺻﺍ َﻝﺎَﻘَﻓ ِﺓَﺄْﺠَﻔْﻟﺍ ِﺓَﺮْﻈَﻧ ْﻦَﻋ Aku bertanya kepada Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan tiba-tiba
(tidak sengaja), maka beliau
bersabda, “Palingkan pandanganmu.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan lainnya.
Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 78) Al Qadhi ‘Iyadh berkata, “Para ulama berkata, di sini terdapat
hujjah (argumen) bahwa wanita
tidak wajib menutupi wajahnya
di jalan, tetapi hal itu adalah
sunah yang disukai. Dan yang
wajib bagi laki-laki ialah menahan pandangan dari wanita
dalam segala keadaan, kecuali
untuk tujuan yang syar’i (dibenarkan agama). Hal itu
disebutkan oleh Muhyiddin An
Nawawi, dan beliau tidak
menambahinya.” (Adab Asy Syar’iyyah I/187, karya Ibnu Muflih. Lihat: Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 77). Keempat, Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, dia berkata, ﻰَﻠَﻋ ْﺖَﻠَﺧَﺩ ٍﺮْﻜَﺑ ﻲِﺑَﺃ َﺖْﻨِﺑ َﺀﺎَﻤْﺳَﺃ َّﻥَﺃ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ِﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻬْﻨَﻋ َﺽَﺮْﻋَﺄَﻓ ٌﻕﺎَﻗِﺭ ٌﺏﺎَﻴِﺛ ﺎَﻬْﻴَﻠَﻋَﻭ َﻝﺎَﻗَﻭ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﺾﻴِﺤَﻤْﻟﺍ ِﺖَﻐَﻠَﺑ ﺍَﺫِﺇ َﺓَﺃْﺮَﻤْﻟﺍ َّﻥِﺇ ُﺀﺎَﻤْﺳَﺃ ﺎَﻳ ﺍَﺬَﻫَﻭ ﺍَﺬَﻫ ﺎَّﻟِﺇ ﺎَﻬْﻨِﻣ ﻯَﺮُﻳ ْﻥَﺃ ْﺢُﻠْﺼَﺗ ْﻢَﻟ ﺩُﻭﺍَﺩ ﻮُﺑَﺃ َﻝﺎَﻗ ِﻪْﻴَّﻔَﻛَﻭ ِﻪِﻬْﺟَﻭ ﻰَﻟِﺇ َﺭﺎَﺷَﺃَﻭ ْﻙِﺭْﺪُﻳ ْﻢَﻟ ٍﻚْﻳَﺭُﺩ ُﻦْﺑ ُﺪِﻟﺎَﺧ ٌﻞَﺳْﺮُﻣ ﺍَﺬَﻫ ﺎَﻬْﻨَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻲِﺿَﺭ َﺔَﺸِﺋﺎَﻋ Bahwa Asma’ bintu Abi Bakar menemui Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam dengan memakai pakaian tipis. Maka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpaling darinya dan
berkata, “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita
itu, jika telah mendapatkan
haidh, tidak pantas terlihat dari
dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua
telapak tangannya. (HR. Abu
Dawud, Thabarani, Ibnu ‘Adi, dari jalan Sa’id bin Basyir dari Qatadah dari Khalid bin Duraik dari
‘Aisyah. Ibnu ‘Adi berkata, “Terkadang Khalid mengatakan dari Ummu Salamah, sebagai
ganti dari ‘Aisyah.” Sanad hadits ini lemah, sebagaimana Abu
Dawud berkata setelah
meriwayatkannya, “Hadits ini mursal, Khalid bin Duraik tidak
bertemu ‘Aisyah radhiallahu ‘anha. Demikian juga perawi bernama Sa’id bin Basyir lemah.”) Hadits ini sesungguhnya lemah,
tetapi Syaikh Al Albani
menyatakan bahwa hadits ini
dikuatkan dengan beberapa
penguat (Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 58). (1) Riwayat mursal shahih dari
Qatadah dari Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda. “Jika seorang gadis kecil telah haidh,
maka tidak pantas terlihat
sesuatu darinya kecuali
wajahnya dan tangannya sampai
pergelangan.” (Tetapi kemungkinan riwayat ini sama
sanadnya dengan riwayat di atas,
yaitu Qatadah mendapatkan
hadits ini dari Khalid bin Duraik,
sehingga tidak dapat
menguatkan. Wallahu a’lam). (2) Diriwayatkan oleh Thabrani
dan Al Baihaqi dari jalan Ibnu
Luhai’ah, dari ‘Iyadh bin Abdullah, bahwa dia mendengar
Ibrahim bin ‘Ubaid bin Rifa’ah Al Anshari menceritakan dari
bapaknya, aku menyangka dari
Asma’ binti ‘Umais yang berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui ‘Aisyah, dan di dekat ‘Aisyah ada saudarinya, yaitu Asma bintu Abi
Bakar. Asma memakai pakaian
buatan Syam yang longgar
lengan bajunya. Ketika
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya, beliau bangkit
lalu keluar. Maka ‘Aisyah berkata kepada Asma, “Menyingkirlah engkau, sesungguhnya
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melihat perkara yang
tidak beliau sukai. Maka Asma
menyingkir. Kemudian Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk, lalu Aisyah bertanya
kenapa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit (dan keluar).
Maka beliau menjawab,
“Tidakkah engkau melihat keadaan Asma, sesungguhnya
seorang wanita muslimah itu
tidak boleh tampak darinya
kecuali ini dan ini”, lalu beliau memegangi kedua lengan
bajunya dan menutupkan pada
kedua telapak tangannya,
sehingga yang nampak hanyalah
jari-jarinya, kemudian
meletakkan kedua telapak tangannya pada kedua
pelipisnya sehingga yang
nampak hanyalah wajahnya.” Al-Baihaqi menyatakan,
“Sanadnya dha’if.” Kelemahan hadits ini karena perawi yang
bernama Ibnu Luhai’ah sering keliru setelah menceritakan
dengan hafalannya, yang
sebelumnya dia seorang yang
utama dan terpercaya ketika
menceritakan dengan bukunya.
Syaikh Al Albani menyatakan bahwa haditsnya ini dapat
dijadikan penguat. (Lihat Jilbab
Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 59). (3) Pendapat sebagian sahabat
(seperti Ibnu Abbas dan Ibnu
Umar) yang menjelaskan
perhiasan yang biasa nampak
yang boleh tidak ditutup, yaitu
wajah dan telapak tangan. Lihat Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, hal. 59). Kelima, Jabir bin Abdillah berkata, ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ِﻝﻮُﺳَﺭ َﻊَﻣ ُﺕْﺪِﻬَﺷ ِﺓﺎَﻠَّﺼﻟﺎِﺑ َﺃَﺪَﺒَﻓ ِﺪﻴِﻌْﻟﺍ َﻡْﻮَﻳ َﺓﺎَﻠَّﺼﻟﺍ َﻢَّﻠَﺳَﻭ َّﻢُﺛ ٍﺔَﻣﺎَﻗِﺇ ﺎَﻟَﻭ ٍﻥﺍَﺫَﺃ ِﺮْﻴَﻐِﺑ ِﺔَﺒْﻄُﺨْﻟﺍ َﻞْﺒَﻗ ِﻪَّﻠﻟﺍ ﻯَﻮْﻘَﺘِﺑ َﺮَﻣَﺄَﻓ ٍﻝﺎَﻠِﺑ ﻰَﻠَﻋ ﺎًﺌِّﻛَﻮَﺘُﻣ َﻡﺎَﻗ َﺱﺎَّﻨﻟﺍ َﻆَﻋَﻭَﻭ ِﻪِﺘَﻋﺎَﻃ ﻰَﻠَﻋ َّﺚَﺣَﻭ َﺀﺎَﺴِّﻨﻟﺍ ﻰَﺗَﺃ ﻰَّﺘَﺣ ﻰَﻀَﻣ َّﻢُﺛ ْﻢُﻫَﺮَّﻛَﺫَﻭ َّﻥِﺈَﻓ َﻦْﻗَّﺪَﺼَﺗ َﻝﺎَﻘَﻓ َّﻦُﻫَﺮَّﻛَﺫَﻭ َّﻦُﻬَﻈَﻋَﻮَﻓ ْﻦِﻣ ٌﺓَﺃَﺮْﻣﺍ ِﺖَﻣﺎَﻘَﻓ َﻢَّﻨَﻬَﺟ ُﺐَﻄَﺣ َّﻦُﻛَﺮَﺜْﻛَﺃ ْﺖَﻟﺎَﻘَﻓ ِﻦْﻳَّﺪَﺨْﻟﺍ ُﺀﺎَﻌْﻔَﺳ ِﺀﺎَﺴِّﻨﻟﺍ ِﺔَﻄِﺳ َﻥْﺮِﺜْﻜُﺗ َّﻦُﻜَّﻧَﺄِﻟ َﻝﺎَﻗ ِﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ﺎَﻳ َﻢِﻟ َﻦْﻠَﻌَﺠَﻓ َﻝﺎَﻗ َﺮﻴِﺸَﻌْﻟﺍ َﻥْﺮُﻔْﻜَﺗَﻭ َﺓﺎَﻜَّﺸﻟﺍ ِﺏْﻮَﺛ ﻲِﻓ َﻦﻴِﻘْﻠُﻳ َّﻦِﻬِّﻴِﻠُﺣ ْﻦِﻣ َﻦْﻗَّﺪَﺼَﺘَﻳ َّﻦِﻬِﻤِﺗﺍَﻮَﺧَﻭ َّﻦِﻬِﺘَﻃِﺮْﻗَﺃ ْﻦِﻣ ٍﻝﺎَﻠِﺑ Aku menghadiri shalat hari ‘ied bersama Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam. Beliau memulai dengan shalat sebelum khutbah,
dengan tanpa azan dan tanpa
iqamat. Kemudian beliau
bersandar pada Bilal,
memerintahkan untuk bertakwa
kepada Allah dan mendorong untuk menaati-Nya. Beliau
menasihati dan mengingatkan
orang banyak. Kemudian beliau
berlalu sampai mendatangi para
wanita, lalu beliau menasihati
dan mengingatkan mereka. Beliau bersabda, “Hendaklah kamu bersedekah, karena
mayoritas kamu adalah bahan
bakar neraka Jahannam!” Maka berdirilah seorang wanita dari
tengah-tengah mereka, yang
pipinya merah kehitam-hitaman,
lalu bertanya, “Kenapa wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Karena kamu banyak mengeluh dan mengingkari (kebaikan)
suami.” Maka para wanita itu mulai bersedekah dengan
perhiasan mereka, yang berupa
giwang dan cincin, mereka
melemparkan pada kain Bilal.
(HSR Muslim, dan lainnya) Hadits ini jelas menunjukkan
wajah wanita bukan aurat, yakni
bolehnya wanita membuka
wajah. Sebab jika tidak, pastilah
Jabir tidak dapat menyebutkan
bahwa wanita itu pipinya merah kehitam-hitaman. (Lihat Jilbab Al
Mar’ah Al Muslimah, hal. 59) (Tetapi dalil ini dibantah dengan
penjelasan bahwa hadits ini yang
mahfudz (shahih) dengan lafazh
min safilatin nisa’ (dari wanita- wanita rendah) sebagai ganti
lafazh sithatin nisa’ (dari wanita dari tengah-tengah). Yang hal itu
mengisyaratkan wanita tersebut
adalah budak, sedangkan budak
tidak wajib menutupi wajah. Atau
kejadian ini sebelum turunnya
ayat hijab. Wallahu a’lam). Keenam, Ibnu Abbas berkata, َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ ُﻝﻮُﺳَﺭ َﻑَﺩْﺭَﺃ ٍﺱﺎَّﺒَﻋ َﻦْﺑ َﻞْﻀَﻔْﻟﺍ … ﻰَّﻠَﺻ ُّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ َﻒَﻗَﻮَﻓ ِﺖَﻠَﺒْﻗَﺃَﻭ ْﻢِﻬﻴِﺘْﻔُﻳ ِﺱﺎَّﻨﻠِﻟ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻲِﺘْﻔَﺘْﺴَﺗ ٌﺔَﺌﻴِﺿَﻭ َﻢَﻌْﺜَﺧ ْﻦِﻣ ٌﺓَﺃَﺮْﻣﺍ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ِﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ ُﻪَﺒَﺠْﻋَﺃَﻭ ﺎَﻬْﻴَﻟِﺇ ُﺮُﻈْﻨَﻳ ُﻞْﻀَﻔْﻟﺍ َﻖِﻔَﻄَﻓ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ ُّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ َﺖَﻔَﺘْﻟﺎَﻓ ﺎَﻬُﻨْﺴُﺣ ِﻩِﺪَﻴِﺑ َﻒَﻠْﺧَﺄَﻓ ﺎَﻬْﻴَﻟِﺇ ُﺮُﻈْﻨَﻳ ُﻞْﻀَﻔْﻟﺍَﻭ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻦَﻋ ُﻪَﻬْﺟَﻭ َﻝَﺪَﻌَﻓ ِﻞْﻀَﻔْﻟﺍ ِﻦَﻗَﺬِﺑ َﺬَﺧَﺄَﻓ ﺎَﻬْﻴَﻟِﺇ ِﺮَﻈَّﻨﻟﺍ … “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memboncengkan Al Fadhl
bin Abbas… kemudian beliau berhenti untuk memberi fatwa
kepada orang banyak. Datanglah
seorang wanita yang cantik dari
suku Khats’am meminta fatwa kepada Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam. Mulailah Al Fadhl melihat wanita tersebut,
dan kecantikannya
mengagumkannya. Nabi ‘alaihi wa sallam pun berpaling, tetapi
Al Fadhl tetap melihatnya. Maka
nabi ‘alaihi wa sallam memundurkan tangannya dan
memegang dagu Al Fadhl,
kemudian memalingkan wajah Al
Fadhl dari melihatnya…” (HR. Bukhari, Muslim, dan lainnya) Kisah ini juga diriwayatkan oleh
Ali bin Abi Thalib radhiallahu
‘anhu, dan dia menyebutkan bahwa permintaan fatwa itu
terjadi di tempat penyembelihan
kurban, setelah Rasulullah
melemparkan jumrah, lalu dia
menambahkan
Subscribe to:
Comments (Atom)