Nonton iklan bentar ya...!!!

Sunday 14 August 2011

Ayat Al-Qur’an tentang sombong

” Definisi sombong ada:2 , yaitu :
1. Sombong kepada Allah (mengingkari kebenaran yang datang dari Allah. Misalnya : riba, musik, syirik, khomer, judi, dll)
2. Sombong kepada manusia (meremehkan orang lain). Bisa jadi orang yang dianggap remeh oleh orang lain memiliki kedudukan yang tinggi disisi Allah. Hanya Alloh yang Maha Mengetahui..”
Kutipan dari kajian ustad Badru dengan tema Hidayah tanggal 20 Desember 2009. Rodja.
1. Al-a’raf : 166
166. Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang mereka dilarang mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: “Jadilah kamu kera yang hina
2. An-Nisa’ :36
036. Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib- kerabat, anak-anak yatim, orang- orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga- banggakan diri,
3. Ibrahim :21
021. Dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) akan berkumpul menghadap ke hadirat Allah, lalu berkatalah orang-orang yang lemah kepada orang-orang yang sombong: “Sesungguhnya kami dahulu adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan daripada kami azab Allah (walaupun) sedikit saja? Mereka menjawab: “Seandainya Allah memberi petunjuk kepada kami, niscaya kami dapat memberi petunjuk kepadamu. Sama saja bagi kita, apakah kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri”.
4. An-Nahl :22 dan 23
022. Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.
023. Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.
5. Al-Asra’ : 37 dan 83
037. Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali- kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.
83. Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia: dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa.
6. Maryam : 14 dan 32
14. dan banyak berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka.
032. dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
7.Al-Mu’minun : 46
046. kepada Fir`aun dan pembesar- pembesar kaumnya, maka mereka ini takabur dan mereka adalah orang- orang yang sombong.
8. Al-ankabut :39
39. Dan (juga) Karun, Fir`aun dan Haman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan- keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tiadalah mereka orang- orang yang luput (dari kehancuran itu).
9. Luqman :18
018. Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.
10. Ghafir : 25
25. (Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang- orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang.
11. Ad-Dukhan : 31
031. dari (azab) Fir`aun. Sesungguhnya dia adalah orang yang sombong, salah seorang dari orang- orang yang melampaui batas.
13. Al-hadis :23
023. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,

1 comment:

Anonymous said...

Sombong kepada Allah bukan hanya mengingkari kebenaran yang datang dari Allah. Misalnya : riba, musik, syirik, khomer, judi, dll tapi lebih spesifik lagi yaitu tidak taat kepada semua perintah Allah SWT coba simak surah an Nisaa'36 (nono bdg)